Thursday, December 15, 2011

Fakta Tentang Komputer

PEMBUAT KOMPUTER PERTAMA DIDUNIA.
Sir Harold Thomas Flower. Dia adalah pembuat komputer elektronik pertama di dunia pada tahun 1941 yang bernama Colossus dan digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militan Rahsia Inggeris untuk memecahkan kod transmisi radio NAZI.

NAMA KOMPUTER KOMERSIAL PERTAMA DIDUNIA.

ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) adalah komputer komersil pertama didunia. Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar.ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.

KOMPUTER BUG PERTAMA.
Bug pertama adalah penyengat. Tahun 1945, Grace Murray Hopper dan kumpulannya sedang bekerja pada komputer kalkulator Relay Aiken Mark II University Hardvard. Lalu komputernya bermasalah. Setelah dicari penyebabnya, ternyata ada lebah pada Relay #70 di panel F. Lebah tersebut kemudian disingkirkan. Sejak saat itu istilah bug digunakan sebagai kerosakan dalam kerja komputer. Istilah membuang bug tersebut dinamakan debug.

MODEM PERTAMA.
Sekitar tahun 1950an,pertahanan udara Amerika meminta dibuatkan alat untuk mengirim data lewat telepon. Modem komersial pertama dibuat AT&T dan dilancarkan Bell 103 pada tahum 1962 dengan kecepatan 300 bit/ detik. Pada tahun 1996 sudah ada modem dengan kecepatan 56.000 bit/ detik.

GAME KOMPUTER.
1947 dianggap sebagai tahun ketika game pertama kali dimainkan pada tabung CRT. Gamenya masih sederhana, tentang pesawat yang harus menembak suatu sasaran. Saat itu grafik belum boleh digambarkan secara elektronik pada layer CRT. Tahun 1950an, game dengan grafik pertama dibuat yaitu Tic-Tac-Toe. Kebanyakan game komputer awal dibuat oleh Universitas. Tahun 1960an dibuat game Spacewar yang dimainkan oleh dua orang. Ini adalah game pertama yang dijual secara luas dan menjadi game yang paling digemari saat itu.

Kemudian dibuat game yang boleh dimainkan dilayar television, game ini namanya Chase oleh pembuatnya kemudian dikembangkan menjadi game yang memuat beberapa permainan. Tahun 1970an game Odyssey yang merupakan video game pertama.Kemudian game mula dibuat portable. Taito membuat game Space Invaders atau game menembak pesawat alien. Ini adalah game pertama yang disebut era keemasan game.

GAME PALING MAHAL.
Ada gameboy yang dibuat dari emas 18 karat dan sekeliling bertatahkan berlian. Gameboy ini dibuat oleh Aspreys dari London, harganya $25,000.00 USD. Ini adalah gameboy termahal yang pernah dijual. PDP-1 yang dijual dengan game Space Wars dan dibuat 1960, harganya $120,000.00 USD yang sekarang setara dengan $760,000.00. Ini adalah system game termahal yang pernah dijual.

Game Shenmue dibuat selama 7 tahun sampai tahun 1999 dan biaya pengembangannya lebih dari $20,000.000. Shenmue dibuat untuk Dreamcast oleh Sega. Shenmue adalah game paling realistik yang ada dipasaran saat itu dan merupakan game komputer termahal yang pernah dijual.

MOUSE PAD PALING MAHAL.
Mouse pad digunakan agar permukaan menjadi rata dan mouse komputer boleh bekerja dengan baik. Ada sebuah mouse buatan tangan yang dibuat di Britain oleh seorang pembuat teknikalnya. Mouse pad ini terbuat dari fiber karbon padat. Harganya sekitar $489.00. Ini adalah mouse pad termahal didunia yang pernah dijual.

KEDAI KOMPUTER PERTAMA. 
Pada bulan Julai 1975, Dick Heiser membuka kedai komputer pertama yang dinamakan “The Komputer Store” di California. The Komputer Store menjual peralatan komputer, buku dan majalah yang berkaitan dengan komputer.

KARAKTER KOMPUTER YANG BIAYA PEMBUATANNYA PALING TINGGI.


Smeagol sang Gollum, adalah salah satu karakter dalam film The Lord of Rings yang dibuat oleh WETA Digital. Dengan lebih dari 200 ekspresi wajah dan 300 gerakan otot, ini adalah karakter computer termahal yang pernah dibuat.

WEBCAM PERTAMA KALI DIGUNAKAN.
TAHUN 1991, Paul Jardetzky, Qunetin Stafford-Fraser dan mahasiswa Cambrige University membuat program untuk menampilkan gambar secara on-line.
Pada tahun 1993, web baru tersedia secara luas untuk semua pengguna internet.

WEB BROWSER PERTAMA.
NCSA Mosaic dibuat oleh Marc Andreesen dari National Centre for Supercomputing Applications pada bulan April 1993 untuk keperluan khusus. Tapi WorldWideWeb yang dibuat Tim Berners-Lee pada bulan Desember 2000 dianggap sebagai web browser pertama kerana penggunaannya yang luas. Namanya kemudian diganti jadi Nexus. Pada bulan Oktober 1994, Netscape mengeluarkan versi beta dari Mozilla dan menjadi web browser komersial pertama.

WEB SITE PERTAMA.
Sir Timithy John “Tim” Berners-Lee adalah orang pertama yang menciptakan world wide web(www) pada Ogos 1991. sitenya adalah http://nxoc01.cern.ch.

WEB SITE KOMERSIAL PERTAMA.
Pada bulan Oktober 1994 HotWired mulai berfikir untuk menerima pemasangan iklan di internet kerana internet sekarang sudah digunakan oleh masyarakat secara meluas. AT&T memasang banner 468 x 60 yang dipasang di situs HotWired site. Ini adalah keuntungan pertama dari internet. Pada tahun 1993 Dale Dougherty meluncurkan Global Network Navigator, yang dibeli AOL tahun 1995, inilah yang dianggap sebagai web site komersial pertama.

*penat aq translate dari bahasa indonesia kepada bahasa melayu..
nak tau lebih bnyak pegi kat  website ni..tpi dalam bhs endonesia ek..haha
pape pon enjoy yok..!!

No comments:

Post a Comment